Selasa, 13 September 2011

Arshavin beri Arsenal kemenangan pertama



London
 - Arsenal akhirnya meraih kemenangan pertamanya di Liga Inggris musim 2011/12. Menjamu Swansea City di pekan keempat, The Gunners unggul tipis 1-0 lewat gol Andrei Arshavin.

Arsenal cuma meraih satu hasil imbang dan dua kekalahan di tiga laga perdana musim 2011/12. Selain itu produktivitas Robin van Persies cs juga sangat buruk karena cuma bikin dua gol dalam periode tersebut dan kemasukan 10 kali.

Namun di kandangnya sendiri, Emirates Stadium, Sabtu (10/9/2011) malam WIB, Arsene Wenger akhirnya bisa meraih poin penuh pertama. Sebuah gol dari Arshavin di babak pertama memberi tuan rumah kemenangan 1-0 atas Swansea.

Tiga poin dari laga ini mengangkat The Gunners dari posisi papan bawah klasemen. Mereka yang sebelumnya terpuruk di posisi 17 klasemen kini beranjak naik ke papan tengah..

Jalannya Pertandingan

Laga baru berjalan dua menit Arsenal nyaris membuka keunggulan. Pemain anyar, Mikel Arteta, berhasil melepas Aaron Ramsey dari kejaran bek lawan dengan umpan terukurnya, namun sepakan Ramsey melebar jauh dari sasaran dalam posisi yang sesungguhnya sangat baik untuk mencetak gol.

Di menit ketujuh gantian gawang Szczesny yang berada dalam ancaman. Angel Rangel mengirim umpan crossing dari sisi kanan yang berasil menemui Danny Graham di muka gawang dan langsung melepaskan tembakan jarak dekat. Gawang The Gunners selamat berkat penyelamatan gemilang Szczesny.

Publik Emirates Stadium nyaris bersorak kegirangan di menit 15 saat Theo Walcott berhasil memperdaya kiper Vorm dan melepaskan tembakan mendatar ke dalam gawang. Namun sebelum si kulit bundar melewati garis gawang, Steven Caulker berhasil membuangnya.

Arsenal akhirnya membuka keunggulan lima menit sebelum turun minum. Gol itu pun datang berkat bantuan kiper Swansea, Michel Vorm, yang berniat mengirim umpan pada rekannya.

Namun bola yang dia lempar justru mengenai tumit bek Swansea dan jatuh ke kaki Arshavin. Dengan mudah pemain depan asal Rusia itu merobek jala Swansea dan mengubah kedudukan menjadi 1-0.

Di awal babak kedua Swansea lebih dulu punya peluang dan bahkan nyaris menyamakan kedudukan. Tendangan bebas Scott Sinclair di muka kotak penalti cuma membentur mistar gawang. Arsenal masih unggul satu gol.

Memasuki menit 56 gantian Van Persie yang dibuat kecewa tiang gawang. Melewati beberapa pemain lawan, tendangan Van Persie dari luar kotak penalti membentur sisi luar tiang dan cuma menghasilkan tendangan gawang.

Vorm kembali membuat kesalahan di menit 69 saat dia gagal menangkap umpan Bacary Sagna. Beruntung Van Persie yang berdiri di tiang jauh tidak bereaksi cepat karena dia gagal menyambar si kulit bundar.

Tujuh menit sebelum bubaran Chamakh, yang masuk menggantikan Van Persie punya kans mengubah skor menjadi 2-0. Malang buatnya, tandukan yang dia lepaskan mengarah tepat ke pelukan kiper Vorm.

Memasuki masa injury time gawang Arsenal dapat beberapa ancaman. Salah satunya ketika Szczesny gagal mengamankan bola hasil tendangan sudut dengan sempurna. Peluang Swansea menyamakan kedudukan pupus lantaran tendangan Graham melenceng dari sasaran meski dia hanya berjarak beberapa meter dari gawang.

Susunan Pemain

Arsenal: Wojciech Szczęsny, Laurent Koscielny, Per Mertesacker, Kieran Gibbs, Bacary Sagna, Aaron Ramsey, Emmanuel Frimpong (Francis Coquelin '75), Andrei Arshavin (Yossi Benayoun '63), Theo Walcott, Robin Van Persie (Marouane Chamakh '80), Mikel Arteta

Swansea City: Michel Vorm, Steven Caulker, Ashley Williams, Neil Taylor, Angel Rangel, Leon Britton, Kemy Agustien (Mark Gower '64), Scott Sinclair, Nathan Dyer (Luke Moore '84), Danny Graham, Joe Allen (Stephen Dobbie '75)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar